Apa itu Virus Ransomware? dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Pernahkah kalian mengalami situasi di mana ketika kalian menyalakan komputer, tiba-tiba layar kalian tertutupi dengan pesan aneh yang mengancam? Pesan itu mungkin mengatakan bahwa data kalian telah dienkripsi dan kalian harus membayar sejumlah uang untuk mendapatkannya kembali.

Itulah yang biasanya disebut dengan virus ransomware, ancaman digital yang dapat membuat stres dan membuat kalian frustasi. Namun, jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan panduan langkah-demi-langkah tentang cara mengatasi virus ransomware dan bagaimana cara menghilangkan virus tersebut dari komputer kalian.

Banne Media - Cara mencegah virus Ransomware

Apa itu Virus Ransomware?

Virus Ransomware merupakan salah satu jenis malware yang paling merugikan di dunia digital saat ini. Dibandingkan dengan virus biasa yang hanya merusak sistem atau mencuri data, virus ransomware beroperasi dengan cara yang lebih mengancam pemilik komputer dengan menampilkan pesan di layar komputer kita. 

Virus ini akan meretas sistem komputer kita, mengenkripsi data penting, dan kemudian meminta tebusan dalam bentuk uang agar kita dapat menggunkan komputer kita kembali.

Gejala dari infeksi virus ransomware bisa sangat mengganggu. Mulai dari pesan peringatan yang muncul secara tiba-tiba di layar komputer, hingga ketidakmampuan untuk mengakses atau membuka file-file penting yang ada di komputer. 

Beberapa varian dari virus ini bahkan dapat mengunci akses ke seluruh sistem operasi komputer kita dan kita sama sekali tidak bisa mengakses  komputer yang terserang virus ini jika kita tidak membayar uang tebusan yang diminta oleh si hacker.

Bagaimana Cara Mengatasi Virus Ransomware?

Lalu pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mencegah agar komputer kita tidak terserang oleh virus ini dan bagaimana cara kita mengatasi jika komputer kita terserang virus ransomware. Berikut penjelesannya.

Cara Mencegah Virus Ransomware Supaya Tidak Menyerang Komputer Kita

  1. Aktifkan Firewall: Pastikan firewall sistem komputer selalu aktif untuk membantu melindungi perangkat komputer kita dari akses yang tidak sah dan serangan jaringan.
  2. Waspadai Email Phishing: Jangan mengklik tautan atau lampiran dari email yang mencurigakan atau tidak dikenal. Ransomware sering disebarkan melalui email phishing yang menyamar sebagai pesan penting dari organisasi terpercaya.
  3. Gunakan Antivirus yang Bagus: Gunakan anti virus yang bagus dan pastikan antivirus tersebut merupakan versi terbaru agar bisa mengenali virus ransomware. Berikut ini beberapa rekomendasi antivirus untuk mencegah virus ransomware masuk ke komputer kita: Windows Defender, ESET NOD32, Kaspersky Anti-Ransomware Tool
  4. Perbarui Sistem Operasi dan Perangkat Lunak: Pastikan sistem operasi dan semua perangkat lunak di komputer kalian, termasuk browser web, aplikasi office, dan program antiviurs, diperbarui secara teratur.

Cara Mengatasi Komputer yang Terserang Virus Ransomware

Dari beberapa pengalaman terkait kasus virus ransomware ada dua langkah yang terbukti ampuh untuk menghapus virus ini. Silahkan simak langkah-langkah nya berikut ini:

1. Instal Ulang Sistem Operasi Windows Secara Menyeluruh

Menginstal ulang windows secara menyeluruh disini maksudnya adalah mencakup penghapusan dan pemformatan seluruh hard drive komputer, termasuk semua partisi dan data yang ada di dalamnya. 

Ini akan membuat komputer kembali ke kondisi awal seperti baru dibeli, tanpa menyisakan data, pengaturan, atau aplikasi yang telah diinstal sebelumnya. Langkah ini terbukti bisa menghapus virus ransomware.

2. Gunakan Mode Pemulihan Windows

Jika kamu tidak ingin melakukan instal ulang secara menyeluruh, kamu bisa mencoba menggunakan cara kedua yaitu mode pemulihan windows yang merupakan fitur bawaan dari windows. 

Dari beberapa forum di internet, ada beberapa user yang membagikan pengalamannya kalau mereka berhasil membersihkan dan memulihkan sistem mereka yang terserang virus ransomware dengan menggunakan mode pemulihan windows.

Cukup sekian untuk artikel hari ini, semoga informasi diatas dapat berguna buat kalian semua. Jika ada yang ingin ditanyakan jangan ragu untuk menyampaikan di kolom komentar.  Terima kasih!
Yudhistira  Bannepadang S.Kom
Yudhistira Bannepadang S.Kom Bermimpilah Setinggi Langit, Karena Jika Engkau Jatuh, Engkau Akan Jatuh Di Antara Bintang - Bintang.

2 comments for "Apa itu Virus Ransomware? dan Bagaimana Cara Mengatasinya"

Post a Comment