Mengatasi Touchpad Yang Tidak Berfungsi Setelah Instal Ulang

Mengatasi Touchpad Yang Tidak Berfungsi Setelah Instal Ulang
BanneMedia
BanneMedia- Hai semuanya, selamat datang. Di kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi Touchpad yang tidak berfungsi setelah instal ulang windows.

Masalah touchpad tidak berfungsi setelah instal ulang windows ini juga pernah saya alami. Kebanyakan merk laptop yang mengalami masalah touchpad yang tidak berfungsi setelah di instal ulang adalah laptop Acer tipe E1 sampai E571, Lenovo, dan Asus. Intinya laptop keluaran terbaru saat ini, rata - rata jika windows-nya diinstal ulang, maka touchpad nya tidak akan berfungsi.

Bukan hanya touchpad saja, sepengalaman saya menginstal ulang sistem operasi windows pada laptop yang keluaran terbaru dari ketiga merek yang saya sebutkan tadi, terkadang jaringan wifi-nya juga gak berfungsi alias mati.

Menurut pengalaman saya, kenapa masalah seperti itu terjadi pada latop - laptop keluaran terbaru mungkin karena sistemnya sudah menggunakan UEFI. Seperti yang sudah di ketahui UEFI adalah sistem booting teranyar dan dari segi keamanannya juga sudah lebih dipertajam.

Atau juga mungkin karena pada saat pemilihan bagian format/system partisi yang kurang tepat sebelum instal ulang, maka dari itu perhatikan terlebih dahulu format system partisinya, apakah laptop mu menggunakan sistem partisi MBR atau GPT. 


Jika kamu pernah mengalami masalah touchpad yang tidak berfungsi setelah instal ulang sistem operasi windows, maka disini saya akan berikan tutorial cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi Setelah Instal Ulang

Oke, cara yang saya sampaikan disini, sudah saya coba dan berhasil, jadi silahkan ikuti langkah - langkahnya dengan baik.

#Update Driver

Jika kamu melakukan instal ulang laptop, sudah pasti semua driver di dalam laptop kamu akan hilang, makanya cari ini ampuh untuk bisa membuat touchpad kamu yang tidak berfungsi menjadi berfungsi kembali. 

Karena touchpad tidak berfungsi, maka kamu harus menggunakan mouse terlebih dahulu untuk melakukan tutorial ini, tapi kalau kamu mahir menggunakan keyboard, maka tidak jadi masalah. 

Serta pastikan laptop kamu terhubung ke jaringan internet ya, karena saat proses update driver laptop harus tersambung dengan koneksi internet. Berikut langkah - langkah mengupdate driver pada laptop.

1. Buka Device Manager pada Control Panel → Device and Printer → Device Manager. Atau bisa juga kamu cari di Start Menu windows lalu ketik "Device Manager"

Mengatasi Touchpad Yang Tidak Berfungsi Setelah Instal Ulang
Calon S.Kom 

2. Setelah device manager terbuka, sesuai dengan pengalaman saya, biasanya saya cukup dengan meng-update Display Adapter (VGA)  maka touchapad pada latop biasanya telah berfungsi dan itu sudah saya coba dan berhasil.

3. Cara update driver VGA: double klik Display Adapter, lalu klik kanan pada Intel(R) HD Graphics, lalu pilih Update Driver Software...

Mengatasi Touchpad Yang Tidak Berfungsi Setelah Instal Ulang

4. Langkah terakhir, pilih → Search automatically for updated driver software

5. Tinggal tunggu proses update selesai. Jika proses update sudah selesai, restart laptop kamu dan coba gunakan toucpad kamu, untuk mengetahui apakah sudah berfungsi atau tidak.

Itulah tutorial bagaimana cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi setelah instal ulang windows, cara diatas sudah saya coba di berbagai merk laptop diatanranya Lenovo, Asus, Acer, Dell, dan semuanya berhasil mengatasi masalah tersebut.

Semoga tutorial diatas jelas dan bisa kamu ikuti dengan mudah. Jika kamu masih bingung atau masih ada yang kurang jelas dengan tutorial yang saya buat diatas, silahkan sampaikan pada kolom komentar dibawah yah. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Yudhistira  Bannepadang S.Kom
Yudhistira Bannepadang S.Kom Bermimpilah Setinggi Langit, Karena Jika Engkau Jatuh, Engkau Akan Jatuh Di Antara Bintang - Bintang.

6 comments for "Mengatasi Touchpad Yang Tidak Berfungsi Setelah Instal Ulang"

Post a Comment