4 Objek Wisata Toraja Yang Paling Hits Untuk Dikunjungi

Calon S.Kom - Hai semuanya selamat datang! Di kesempatan kali ini saya tidak akan mebahas tentang teknologi seperti biasanya, tapi di artikel kali ini saya akan membahas mengenai  4 Objek Wisata di Toraja yang Paling Hits yang wajib kamu kunjungi.

Kebetulan saya lahir dan tumbuh besar di Toraja, tepatnya di Rantepao, Kab. Toraja Utara, jadi saya rasa tidak ada salahnya jika saya memperkenalkan beragaram objek wisata yang ada di Toraja.

Toraja adalah sebuah kabupaten di Sulawesi Selatan yang sekarang memiliki dua kabupaten yakni Toraja Utara dan Tana Toraja. Berkat keindahan alam dan juga kearifan lokal yang dimiliki Toraja, kini Toraja telah di kenal sampai ke luar negri.

Untuk menuju Toraja dari Kota Makassar dapat di tempuh dengan dengan jalur darat maupun jalur udara. Jika menggunakan bus atau mobil pribadi, bisa memakan waktu sekitar 8 - 9 jam perjalanan dari kota Makassar untuk sampai ke Toraja, sedangkan jika melalui jalur udara hanya memakan waktu sekitar 45 menit saja.

Jika kamu punya rencana untuk berlibur ke Toraja, entah itu Tana Toraja atau Toraja Utara, kedua kabupaten ini menawarkan banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. 

Selain Budayanya, Toraja juga memiliki banyak tempat - tempat wisata bernuansa Alam, Religi, maupun Kuliner yang tak kalah dengan wisata yang ada di Bandung, Jogja ataupun wisata di kota - kota besar lainnya.

Oke sekarang saya akan rekomendasikan tempat - tempat wisata di Toraja yang menurut saya harus kamu kunjungi. Hampir semua tempat wisata di Toraja sudah saya kunjungi, dan tempat inilah yang menurut saya paling menarik untuk kamu kunjungi

1. Ke'te Kesu

7 Tempat Wisata di Toraja Paling Populer Yang Wajib Kamu Kunjungi
Tongkonan (Rumah Adat) di Ke'te Kesu

Ke'te kesu adalah desa di Toraja Utara yang menjadi salah satu desa adat yang mempunyai keindahan yang sudah mendunia.

Ke'te Kesu berjarak 5 kilometer dari kota Rantepao. Jika kamu sampai di desa ini kamu akan dihadapkan dengan rumah-rumah adat (Tongkonan) yang indah dan sarat akan makna.

Di Ke'te Kesu bukan hanya Tongkonan yang akan kamu jumpai. Di sana ada juga kuburan kuno yang bisa menjadi spot buat kamu yang ingin menggetarkan adrenalin.
 
7 Tempat Wisata di Toraja Paling Populer Yang Wajib Kamu Kunjungi
Peti, dan Tengkorak di Ke'te Kesu

Kamu bisa lihat pada gambar diatas, itu merupakan peti yang diatasnya ada tengkorak, itu bisa kamu jumpai saat kamu berkunjung ke Desa Ke'te Kesu ini. 

Tulang belulang leluhur masyarakat Toraja bisa langsung kamu lihat disana, tapi saat berkunjung jangan di sentuh ya tengkoraknya cukup di foto atau kamu juga bisa berfoto bersama tengkorak tersebut. 

Peti kematian berisi jenazah sanak saudara yang kini sudah tinggal tulang belulang dant tidak dikuburkan ke dalam tanah, melainkan di gantung atau di simpan di dalam lubang yang berada di tebing kuno tersebut.

Tapi bagi kami masyarakat Toraja, pemandangan tulang belulang yang berserakan di sana sudah menjadi hal yang umum. Jadi kamu tidak perlu taku akan hal tersebut.

Kamu juga bisa masuk kedalam gua pada tebing kuno di Ke'te Kesu jika kamu ingin lebih menggetarkan adrenalin kamu. Untuk masuk ke gua kamu bisa menyewa lampu milik penjaga disana sekaligus mereka juga yang bakal mengantar kamu untuk masuk ke dalam gua tersebut.

Untuk biaya masuk ke Ke'te Kesu, cukup hanya dengan membayar Rp. 15.000 dan kamu bisa langsung mengeksplor semua spot-spot yang ada di sana.

2. Batutumonga

Selanjutnya wisata yang memiliki pemandangan unik dan memukau yang terletak di kaki Gunung Sesean yaitu Batutumonga, yang sering mendapatkan predikat sebagai tempat terindah di kabupaten Toraja.

Batutumonga berjarak sekitar 24 Kilometer dari kota Rantepao, Di sepanjang perjalan menuju Batutumonga, kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang memukau. Setibanya disana kamu bisa melihat dengan jelas kota Rantepao, dan di pagi hari, kamu bisa melihat hamparan awan putih yang sangat indah.

7 Tempat Wisata di Toraja Paling Populer Yang Wajib Kamu Kunjungi
Pemandangan Awan di Batutumonga

Selain pemandangan awan putih yang menutupi kota Rantepao di pagi hari, di Batutumonga kamu juga bisa berkunjung ke Tongkanan milik warga di sana. 

Pertunjukan Budaya dan Objek Wisata Keren di  Kampung Batutumonga 

Ada banyak objek wisata yang bisa kamu kunjungi saat berada di Batutumonga, seperti Lo'Ko' Mata, sebuah tebing yang dijadikan kuburan oleh penduduk setempat, dan disana biasanya diadakan upacara kematian yang berskala besar , dan juga disana ada ritual Ma' Nene', yakni membersihkan jasad para leluhur yang sudah meninggal selama ratusan tahun

7 Tempat Wisata di Toraja Paling Populer Yang Wajib Kamu Kunjungi
Proses Memberishkan Jasad lelulur

Ritual Ma' Nene sebenarnya lebih dari sekedar membersihkan jasad dan memakaikannya baju baru. Bagi masyarakat Toraja yang masih melakukan Ritual ini, mereka menyakini bahwa betapa pentingnnya hubungan anggota keluarga, terlebih bagi sanak saudara yang telah terlebih dahulu meninggal dunia.

Walaupun sudah tidak banyak lagi yang melaksanakan ritual Ma'Nene ini, tapi di masih ada beberapa desa di Toraja yang masih melaksanakan ritual tersebut, salah satunya di Batutumonga.

Mereka yang masih melaksanakan ritual ini percaya bahwa hubungan antar keluarga keluarga tidak akan pernah terputus walaupun telah di pisahkan oleh kematian.

3. Londa

Objek Wisata di Toraja Paling Populer Yang Wajib Kamu Kunjungi
Objek Wisata Londa

Jika kamu berkujung ke Toraja, tidak sah rasanya kalau belum datang ke Londa. Londa merupakan sebuah kompleks kuburan yang berada pada sebuah tebing batu besar. Kompleks kuburan pada tebing ini menurut saya lebih menarik di banding kuburan tebing yang ada di Ke'te Kesu. 

Londa merupakan salah satu objek wisata di Toraja yang paling banyak di kunjungi Turis. Lokasi Londa dari kota Rantepao cukup dekat, hanya berjarak kurang lebih 7 Kilometer.

Londa dikelilingi oleh pegunungan sehingga menawarkan suasana yang sejuk saat berada disini. Ada sensasi berbeda saat kamu memasuki Londa, yakni suasana gaib dan udara dingin akan membuatmu merinding. 

Terdapat banyak gua serta lubang pada tebing yang sengaja di pahat untuk dijadikan tempat meletakkan peti mati berisi mayat. Tidak sembarang jenasah yang di kuburkan disini, penempatannya harus sesuai garis keturunan keluarga.

4. Wisata Religi di Buntu Burake

Objek Wisata di Toraja Paling Populer Yang Wajib Kamu Kunjungi
Gambar via IDN Times

Objek wisata terakhir, yang harus kamu kunjungi adalah Burake. Bisa kalian lihat gambar diatas, itu adalah patung Tuhan Yesus yang berada di atas puncak gunung burake.

Ketika berkunjung ke objek wisata Buntu Burake Tana Toraja, terdapat pemandangan yang sangat mempesona. Pemandangan yang memberikan sensasi seperti di Brasil. Sebuah patung Yesus berdiri teka mirip dengan patung Yesus di puncak gunung Corvado, Rio de Janeiro, Brasil.

Diatanra tempat wisata lainnya yang sudah saya jelaskan, Burake memiliki keindahan tersendiri yakni pemandangannya yang sangat bagus. 

Di tahun 2020 ini akses jalan menuju Burake sudah sangat bagus, dan kendaraan bisa langsung sampai di puncak. Biaya masuk juga murah hanya 15 ribu, kamu sudah menjelahi semua yang ada di atas Buntu Burake, kecuali untuk jembatan kacanya.

Di Burake sekarang sudah ada jembatan kaca yang sangat menantang adrenalin ketika berdiri di atas jembatan kaca tersebut. Namun jangan khawatir untuk mencoba masuk ke jembatan kaca ini, karena keamanannya di jamin.

Oke itu saja dari saya, jadi buat kalian yang mau ke Toraja, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata yang saya rekomendasikan yah. Di jamin kamu gak bakal rugi.

Yudhistira  Bannepadang S.Kom
Yudhistira Bannepadang S.Kom Bermimpilah Setinggi Langit, Karena Jika Engkau Jatuh, Engkau Akan Jatuh Di Antara Bintang - Bintang.

No comments for "4 Objek Wisata Toraja Yang Paling Hits Untuk Dikunjungi"