Cara Paling Mudah Masuk Bios di Laptop HP

Calon S.Kom - Hai semuanya, selamat datang. Di artikel kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara masuk ke BIOS di laptop merk HP. Namun sebelum itu, ada baiknya kalau saya jelaskan dulu sedikit tentang bios

Apa itu BIOS?

Bios (Basic Input/Output) adalah program yang bertugas untuk mengatur fungsi hardware pada komputer. Bios mampu melakukan beberapa tugas penting seperti berikut:
  1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras dalam proses yang disebut (Power On Self Test, POST).
  2. Memuat dan menjalankan Sistem Operasi.
  3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpana, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer).
  4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan Bios Runtime Services
BIOS menyediakan interface komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan benyak jenis perangkat keras seperti keyboard. Bios dibuat dengan menggunakan Bahasa Rakitan (Assembly). 

BIOS telah ada sejak DOS (Disk Operating System) dibuat oleh Microsoft. Ini adalah salah satu komponen terpenting dari komputer yang tidak sering digunakan bahkan muncul di layar.

Singkatnya pengertian BIOS adalah sebuah firmware. Dismpan dalam chip di bagian tertentu pada motherboard dan pada dasarnya membantu sistem operas. Jadi sistem operasi tidak akan bisa load, jika tida ada BIOS.

Salah satu alasan kenapa sistem operasi tidak dapat bekerja tanpa BIOS, karena BIOS yang berusaha load drive dari hardis dan removable disk, jika keduanya baik - baik saja maka semua akan bekerja normal. Lalu BIOS akan load partisi primary dari sistem operasi seperti MBR, GPT, FAT dan sebagainya ke dalam memory, sehingga sistem operasi dapat melanjutkan load sendiri.

Oke, itu sedikit penjelasan tentang BIOS, sekarang kita akan lanjut ke pembahasan mengenai cara masuk bios di laptop merk HP.

Cara Paling Mudah Masuk Bios di Laptop HP
calonsarjana-kom.blogspot.com

Berbeda dengan merk laptop lain (Asus, Lenovo, Acer, dll) kita hanya perlu menekan tombol F2 atau Fn+F2 pada keyboard disaat laptop atau PC baru dinyalakan untuk masuk ke BIOS, namun untuk laptop merk HP, menekan tombol F2 tidak akan membuatmu masuk ke BIOS.   

Jika kamu memiliki laptop merk HP dan sedang kebingungan mengenai bagaimana cara masuk ke BIOS pada laptop HP, maka jangan khawatir, karena disini saya akan berikan tutorialnya.

Cara masuk BIOS di laptop merk HP

1. Masuk BIOS dengan menekan tombol F10
  • Tekan tombol power untuk menyalakan laptop HP kamu
  • Jika laptop dalam keadaan menyala, Restart laptop
  • Saat laptop baru menyala langsung tekan tombol F10 secara berulang - ulang sampai masuk bios
Yang perlu kalian perhatikan adalah kalian harusmenekan tombol F10 saat laptop baru menyala, jangan tunggu setelah logo windows muncul yah, kalau bisa setelah kalian tekan tombol power untuk menyalakan laptop, kalian langsung juga menekan tombol F10.

2. Masuk BIOS laptop HP dengan menekan tombol ESC
  • Restart atau Hidupkan laptop HP kalian 
  • Lalu segera tekan tombol ESC secara berulang - ulang
  • Jika berhasil, akan mucul pilihan menu boot
  • Pilih opsi masuk ke menu BIOS
3. Masuk BIOS dengan menekan tombol F9
  • Menekan tombol F9 memiliki fungsi yang sama dengan ESC. Kalian akan diarahkan ke pilihan menu boot.
  • Restart atau nyalakan latop HP kalian
  • Segera tekan tombol F9 secara berulang - ulang. 
  • Pilih opsi masuk ke menu bios ketika muncul pilihan menu boot.
Nah, itulah dia cara mudah masuk biso di laptop HP. Ketiga cara diatas sudah saya coba, dan semuanya berhasil. Silahkan kalian coba ketiga cara diatas dengan menekan tombol F9, ESC, dan F10. Semoga cara diatas dapat membantu mengatasi masalah kalian. Jika kalian mengalami kesuliatan silahkan sampaikan pada kolom komentar. 
Yudhistira  Bannepadang S.Kom
Yudhistira Bannepadang S.Kom Bermimpilah Setinggi Langit, Karena Jika Engkau Jatuh, Engkau Akan Jatuh Di Antara Bintang - Bintang.

2 comments for "Cara Paling Mudah Masuk Bios di Laptop HP"

Post a Comment