Cara Mengganti dan Mengatasi Favicion Blog Yang Tidak Muncul

Calon S.Kom - Hai semuanya selamat datang. Di kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial blogger yakni bagaimana cara mengganti Favicon Blogger  dan cara mengatasi masalah Favicon yang tidak muncul di Tab Browser dan Tata Letak Blogger.

Cara Mengganti dan Mengatasi Favicion Blog Yang Tidak Muncul
Calon S.Kom

Saya yakin pasti banyak para penulis blogger ada yang pernah mengalami icon favicon yang tidak mau berubah padahal icon sudah diaganti? Nah, di artikel kali ini saya akan memberikan solusi  bagaimana cara mengatasi Icon Favicon yang tidak berubah meski sudah diganti. 

Untuk membuat blog menjadi lebih menarik, memasang gambar favicon bisa menjadi salah satu cara agar blog kamu terlihat lebih profesional. 

Setiap blog memiliki desain favicon-nya masing - masing, meskipun ada juga beberapa blog yang tidak menggunakan favicon dan lebih memilih menggunakan favicion default milik blogger. Namun untuk kamu yang memang mau tekun di dunia blog, maka menurut saya kamu harus memiliki favicon sendiri.

Apa itu Favicon

Favicon adalah ikon utama yang mucul pada tab bar suata laman web yang berupa logo atau identitas dari laman tersebut atau yang dikenal juga sebagai shortcut icon, website icon, URL icon, atau bookmark icon.

Favicon dapat diganti dengan gambar sesuai dengan selera. Untuk ukuran standar favicon adalah 16x16 pixel, namun ada juga yang menggunakan 32x32 pixel dan 92x92 pixel. Kalau untuk favicon yang saya gunakan di blog saya ini, ukurannya adalah 32x32 pixel.

Kamu bisa mendesain sendiri Favicon mu menggunakan aplikasi Photoshop atau Corel draw, dan save menggunakan format .png. Untuk Favicon di blog saya ini, saya membuatnya menggunakan aplikasi Corel Draw. 

Nah, disini saya akan memberikan 2 cara mengganti favicon yang di jamin pasti bakalan berhasil dan pasti akan muncul di tab browser.

Cara Mengganti Favicon Blogger

Jika kamu sudah mempunyai Favicon untuk blog kamu dan kamu ingin segera memasangnya, silahkan kamu ikuti tutorial di bawah ini.
  1. Login ke blogger kamu. Jika kamu menggunakan Blogger baru maka favicon di pengaturan Tata Letak sudah pasti tidak akan muncul.
  2. Jika menggunakan tampilan blogger terbaru, kamu harus Kembalikan ke Tampilan Blogger Lama.
  3. Setelah kembali ke tampilan blogger lama masuk ke Tata Letak
  4. Lalu pada Favicon pilih edit.
  5. Kemudian klik Choose File dan pilih gambar favicon kamu.
  6. Langkah terakhir klik simpan.
  7. Selesai.
Sedikit catatan, pastikan ukuran gambar yang kamu gunakan sesuai dengan ukuran yang saya sebutkan diatas tadi. Dan usahakan untuk tidak menggunakan gambar yang ukurannya lebih dari 100 KB.

Cara Mengganti Favicon di Tampilan Blogger Baru

Sebetulnya di tampilan blogger yang terbaru kita juga bisa mengganti favicon di pengaturan blogger. Berikut tutorialnya di baawah ini.
  1. Login ke dasbor Blogger kamu
  2. Kemudian masuk ke Setelan ➔ Dasar ➔ Favicon

    Cara Mengganti dan Mengatasi Favicion Blog Yang Tidak Muncul
    Calon S.Kom

  3. Lalu tab baru akan terbuka, selanjutnya tinggal pilih Choose File.
  4. Kemudian pilih gambar favicon kamu dan klik open.
  5. Langkah terakhkir tinggal klik Simpan.
  6. Selesai
Itulah tutorial bagaimana cara mengganti Favicon dan cara mengatasi masalah favicon yang tidak muncul di tab brower. Cara di atas sudah saya coba dan berhasil teman - teman. 

Akhir kata saya ucapkan terima kasih, semoga tutorial diatas jelas dan bisa kamu ikuti tanpa ada kendala. Jika kamu masih mengalami kesulitan silahkan sampaikan pada kolom komentar. Terima kasih, semoga bermanfaat.
  
Yudhistira  Bannepadang S.Kom
Yudhistira Bannepadang S.Kom Bermimpilah Setinggi Langit, Karena Jika Engkau Jatuh, Engkau Akan Jatuh Di Antara Bintang - Bintang.

No comments for "Cara Mengganti dan Mengatasi Favicion Blog Yang Tidak Muncul "