Inilah Wilayah di Indonesia Yang Tidak Mengalami Penjajahan Belanda

Pada umumnya semua wilayah di Indonesia pernah merasakan di jajah oleh Belanda baik Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua dan lainnya hingga muncul pendapat bahwa dari Sabang sampai Merauke pernah mengalami rasanya di jajah Belanda. Namun kenyataannya ada juga wilayah di Indonesia yang tidak mengalami penjajahan Belanda yaitu Buton.


Sebelum datangnya para penjajah, Buton sendiri sudah ada kerajaan dimana wilayahnya meliputi Wakatobi, Bau - Bau hingga Kabupaten Buton sekarang. Kesultanan Buton terletak di Kepulauan Buton (Kepulauan Sulawesi Tenggara), Provinsi Sulawesi Tenggara, di bagian Tenggara Pulau Sulawesi.

Pada zaman dahulu memiliki Kerajaan sendiri yang bernama Kerajaan Buton dan berubah menjadi bentuk Kesultanan yang dikenal dengan nama Kesultanan Buton. Nama Pulau Buton dikenal sejak zaman pemerintahan Majapahit, Patih Gajah Mada dalam Sumpah Palapa, menyebut nama Pulau Buton.

Kerajaan Buton sudah ada sebelum para penjajah datang, lantas mengapa Buton tidak dijajah oleh Belanda?


Buton yang berada di Sulawesi Tenggara ini terhindar dari penjajahan karena letaknya yang strategis dimana sebelum menginjakan dan mulai perjalanan ke Maluku dimana kapal - kapal Portugis maupun Belanda akan singgah dahulu ke Buton.

Mereka tidak mau mengambil resiko dimana waktu itu kekuatan militer Buton pada saat itu tergolong kuat dan juga jika mereka ingin menguasai Maluku dan sudah membuat masalah dengan Buton pastinya akan timbul pertempuran yang aka memakan banyak korban dan rencana mereka untuk ke Maluku akan terhalang karena pasukan banyak yang meninggal sebelum ke Maluku.

Belanda maupun Portugis lebih memilih bekerjasama dengan Buton terutama dalam hal perdagangan. Tidak hanya itu, Belanda maupun Portugis juga membantu pembangunan di Buton, hal ini terlihat dari bentuk beberapa bangunan yang memiliki corak model Belanda maupun Portugis.

Tidak hanya itu benteng - bentengnya seperti benteng buatan Belanda. Pada tahun 1965 Kesultanan Buton masuk wilayah Indonesia saat Presiden Soekarno datang ke Buton dan mengajak Buton untuk bergabung dengan Indonesia dan sejak saat itu Kesultanan Buton menjadi bagian Indonesia.


Yudhistira  Bannepadang S.Kom
Yudhistira Bannepadang S.Kom Bermimpilah Setinggi Langit, Karena Jika Engkau Jatuh, Engkau Akan Jatuh Di Antara Bintang - Bintang.

No comments for "Inilah Wilayah di Indonesia Yang Tidak Mengalami Penjajahan Belanda"